Ketua Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Malang Drs. Alie Mulyanto, MM

UNIKAMA – Di hari ketiga PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru), kemarin (22/09/2021) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mengundang Ketua Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Malang Drs. Alie Mulyanto, MM. Kali ini Maba akan diberikan materi dan juga pengetahuan tentang bencana alam dan juga sosial yang sering terjadi di sekitar.

“Ada tiga macam fungsi BPBD antara lain pra-bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. Saya akan menekankan tentang pra-bencana, jadi kita harus mengetahui potensi agar tidak terjadi bencana. Saat ini kita melalui bencana non-alam seperti gagal teknologi, gagal modernisasi epidermis dan wabah penyakit. Saat ini kita masuk dalam kategori wabah penyakit yakni COVID-19. Dimana kita harus selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas, ” ungkapnya.

Sub Koordinator Seksi P2M BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Malang Susilo Setiyawan, S.Psi

Untuk terhindar dari virus tersebut, sebaiknya masing-masing individu menjaga imun tubuhnya. Imun ini bisa kita bentuk hanya dengan 4 hal, makan makanan sehat, istirahat yang cukup, olahraga dan jangan lupa bahagia. Protokol kesehatan harus tetap di terapkan, karena setiap orang yang sudah terkena virus bisa saja menularkannya terhadap orang lain.

“Selain bencana non-alam, kita juga harus mengetahui apa saja bencana alam yang sering terjadi mulai dari banjir, gempa dan tanah longsor. Apalagi saat terjadi gempa jangan sampai panik, lindungi kepala, masuk kolong meja, jauhi kaca dan jendela, menuju titik kumpul atau lokasi terbuka. Hal ini dapat membantu anda saat terjadi gempa bumi, ” tambahnya.

Kepala Bagian Penalaran dan Kemahasiswaan Unikama Ayu Asmah, M.Pd

Ia berharap, Maba bisa berpartisipasi dan ikut dalam rangka melindungi diri, orang lain dan mengurangi resiko bencana. Banyak sekali yang bisa dilakukan, baik itu saat pra-bencana bisa dengan mengedukasi masyarakat atau saat bencana terjadi dengan membantu sesama, menjadi relawan dan setelah terjadi bencana.

Pemateri kedua pada gelaran PKKMB ini, Unikama juga mengundang Sub Koordinator Seksi P2M BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Malang Susilo Setiyawan, S.Psi yang menerangkan tentang marak dan bahayanya narkoba. Perlu di ketahui, BNN, TNI, Polri, dan Stakeholder lainnya selalu berupaya melakukan pemberantasan penggunaan narkotika di Indonesia. Namun kenyataannya sampai detik ini, belum berhenti dan cenderung meningkat.

Farida Kumala Sari, M.Pd.

“Banyak sekali faktor yang menyebabkan maraknya narkoba ini antara lain letak geografis negara kita, jumlah penduduk yang membuat potensi pasar perdagangan narkoba semakin meluas, peredaran gelap narkoba yang menyasar orang dewasa dan remaja, aparat yang masih minim, banyaknya variasi narkoba yang selalu berkembang, dan sebagian masyarakat yang mengetahui kurang peduli dan enggan melaporkan ke pihak berwenang, ” terangnya.

Narkoba ini banyak sekali yang datangnya dari Afrika Selatan dan Timur Tengah, mereka banyak sekali memproduksi Heroine, Kokain dan Ekstasi. Selain itu, ia juga menerangkan kepada Maba sistem peredaran narkotika itu sendiri. Mulai dari faktor pendorong adanya narkotika sampai modus operasinya.

Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Tri Wahyudianto, S. Pd., M.Si

“Sedangkan untuk jenis narkotika seperti ganja seharusnya digunakan sebagai aman mestinya, karena biasanya ganja ini digunakan untuk keperluan medis aja dan atas ijin pihak tertentu. Saya mewakili BNN Kota Malang berharap materi yang kami berikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan mahasiswa terkait narkotika. Selain itu, mahasiswa bisa lebih berfikir positif jika nanti kedepannya ada teman atau saudara, tetangga yang menggunakan barang-barang haram seperti ini bisa melaporkan ke pihak berwajib, ” ujarnya.

Selain pemateri dari eksternal kampus, ada juga pemateri dari Kepala Bagian Penalaran dan Kemahasiswaan Unikama Ayu Asmah, M.Pd tentang program kreatifitas dan inovasi mahasiswa. Dengan dijelaskannya hal tersebut mahasiswa bisa termotivasi untuk terus berkarya dan berprestasi. Adapun penjelasan tentang SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) yang ada di Unikama oleh Dosen Unikama Farida Kumala Sari, M.Pd.

Tidak hanya itu, Maba juga dijelaskan terkait Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang ada di Unikama oleh Dr. Tri Wahyudianto, S. Pd., M.Si selaku Direktur Penjelasan ini bertujuan agar mahasiswa bisa mengikuti organisasi. Dengan mengikuti organisasi mahasiswa dapat melatih kemampuan mereka untuk kerja tim, kepemimpinan dan juga membuat Maba berani berkomunikasi.

Guna menunjang karir mahasiswa Unikama juga memberikan materi tentang pengembangan karir. Materi ini akan berguna untuk mahasiswa setelah lulus nanti yang disampaikan oleh Dr. Khairul Bariyah, M.Pd

Unikama Undang Ketua Pelaksana BPBD dan BNN di Hari Ke Tiga PKKMB Tahun 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat